13 Feb 2014

KAHAANI कहानी (2012)



Kahaani adalah drama thriller buatan bollywood yang rilis di tahun 2012 lalu. Dalam film garapan Sujoy Gosh ini bisa dibilang nuansanya sangat berbeda dengan film-film india kebanyakan, karena sepanjang film akan sangat kental dengan misteri dan ketegangan. Menarik sekali karena selama ini film india seakan ga bisa dipisahkan dari image tari-tarian, drama keluarga, percintaan dan segala hal menye-menye lainnya. Namun kali ini justru thriller dan misteri yang diusung lebih mendominasi. Sangat menarik bagiku karena tak banyak film india yang membekas di hati dari segi tema dan ceritanya

Kahaani bercerita tentang seorang wanita bernama Vidya Bagchi (Vidya Balan), seorang wanita yang sedang hamil tua. Ia sengaja datang sendirian dari London ke Kalkuta india untuk mencari Arnab Bagchi (Indraneil Sengupta), suaminya yang konon hilang saat bekerja disana. Namun usaha pencariannya sepertinya menemui kejanggalan saat semua orang tak ada yang mengenali sang suami dan menyatakan tak pernah ada seorang yang bernama Arnab, bahkan ditempat sang suami bekerja yaitu National Data Centre (NDC). Dalam pencariannya Vidya dibantu seorang polisi muda bernama Rana (Parambrata Chatterjee). Mereka melakukan pencarian-pencarian diseluruh pelosok kota yang kala itu sedang menyiapkan festifal Durga Puja

Ibarat makanan Kahaani adalah sebuah sajian fresh yang dikemas dengan sempurna. Cita rasanya pun sangat komplit, ada nuansa kejar-kejaran khas film thriller, ada nuansa detektifnya, ada juga sempilan dramanya walaupun tidak mendominasi. Scoring nya pun menambah nuansa misteri yang sudah ada jadi lebih terasa. Segala teka tekinya mampu mengutak atik otak, bahkan menjungkirbalikkan apa yang sudah diperkirakan dari awal, karena film ini mempunyai twist yang sangat mengejutkan.

Akting Vidya Balan adalah yang paling utama disini. Ia adalah sosok wanita yang paling disorot dari awal. Sosok wanita biasa yang terlihat lemah dan rapuh, apalagi dalam kondisi kehamilan 7 bulannya, harus mencari sang suami sendirian. Ia jelas mampu menarik simpati banyak orang. Karakter Vidya Bagchi disini ia tampilkan sangat total. Rasanya seumur-umur ga pernah ngidolain bintang bollywood tapi ngeliat akting Vidya Balan, rasanya mulai mengidolakannya deh haha, selain cantik, aktingnya juga sangat  ciamikkk !

Bagi kamu penggemar film bollywood, rasanya wajib menonton film ini, karena ini jelas sangat berbeda dari film india kebanyakan. Alurnya lumayan cepat dan ga ngebosenin, ceritanya seperti film-film detektif barat tapi tetep gak meninggalkan berbagai macam budaya india seperti festifal puja durga, juga tak lupa potret kehidupan masyarakat disana juga digambarkan dengan sangat bersahaja dan natural. 

Dan karakter Vidya Bagchi mungkin memang tepat jika konon dijadikan simbol perwujudan dewi durga. Ia menyimpan aura feminim yang kental. Namun begitu, sebenarnya seorang wanita juga tak pantas dianggap lemah karena dalam diri wanita sejatinya ada suatu kekuatan. Itulah sepertinya pesan utama yang ingin disampaikan Kahaani lewat tokoh utamanya tsb.

Overall Kahaani adalah sajian yang berbeda dan sangat menarik. Menegangkan, penuh teka teki dan sarat kejutan. Tanpa berbagai macam tarian, tanpa adegan tangis-tangisan yang mendominasi, tanpa adegan nyanyi-nyanyian sambil main petak umpet :p. Tanpa itu semua Kahaani nyatanya tetap mampu tampil hebat. Membuktikan bahwa sebenarnya sineas bollywood mampu membuat sebuah thriller yang gak kalah dengan perfilman barat. Film terbaik india yang pernah kutonton. Highly recomended !!



1 komentar:

Pondok Jeruk mengatakan...

Wah saya jadi pingin nonton, dapat dari lk21 kok rating imdb tinggi, jadi cari reviewnya.