25 Jun 2012

THE RUINS (2008)


 

Jeff (Jonathan Tucker) dan Amy (Jena Malone), juga Stacy (Laura Ramsey), dan Eric (Shawn Ashmore) yang tengah berlibur ke Meksiko tiba tiba  berkenalan dengan Mathias (Joe Anderson), turis lainnya, yang kemudian mengajak mereka untuk mengunjungi sebuah reruntuhan kuil Maya yang tak dikenal. Setiba disana, mereka disambut oleh sejumlah penduduk setempat yang sama sekali ga ramah. Mereka  dikepung oleh penduduk lokal yang bersenjata lengkap sampai mereka akhirnya  terjebak berhari-hari di atas candi/ bangunan kuno itu dan keberadaan mereka sebagai manusia pun mulai terancam.

The Ruins diangkat dari novel karya Scott Smith dan di film ini ia juga yang menggarap skenarionya. Jujur ekspektasiku sebenernya ga terlalu tinggi, mengingat sebelumnya  jarang  mendengar judul film ini. Premisnya sebenarnya klise, yaitu tentang sekelompok anak muda yang berlibur dan kemudian terjebak disuatu tempat lalu terancam akan sesuatu hal. Plot yang pasaran bukan? sekelompok muda mudi ingin bersenang-senang bersama pasangan masing-masing ketika kemudian terjebak di suatu tempat awam lalu berusaha survive.

Yapp lagi-lagi film survival, entah kenapa aku suka banget film-film kayak gini. Ngeliat mereka bertahan berhari-hari, kekurangan makanan, tertekan secara psikis. Walaupun premisnya cukup klise, tapi The Ruins mempunyai ide cerita yang sangat gak biasa karena si peneror adalah sesuatu yang unik dan ga pernah kutonton di film-film horor sebelumnya. Biasanya thriller-thriller lain menyuguhkan teror hewan buas, psikopat, atau bahkan zombie tapi di sini justru tanaman lah yang menjadi teror, dan tanpa disangka justru lebih mengerikan. 

Banyak thriller lain yang juga menegangkan dan mengancam tapi ga ada yang bener-bener sampai bikin ngilu. Melihat tanaman itu menjalar-jalar di balik kulit bahkan bisa berkembang biak di dalam tubuh  sangat bikin ngilu buatku (semoga ini bkn spoiler :p )  Apalagi di film ini lumayan banyak adegan gore-nya yang lumayan bikin miris. Akting para pemain sih standar aja, tapi lumayan bisa membuat kita ikut terbawa juga, seakan-akan ikut kebingungan dengan situasi-situasi yang mereka hadapi. The Ruins adalah film yang sangat mengesankan dan cukup fresh buatku yang jarang menonton film-film bertema arkeologi .

 

3 komentar:

firman mengatakan...

Jadi nonton film ini juga akhirnya ya sis :) Nggak terlalu kecewa kan ?

Ratih Angga Dewi mengatakan...

iya nih,akhirnya jd jg nonton. pdhl dh lama filmnya :-)
ga mengecewakan lah lumayan fresh ide filmnya :)

Geo mengatakan...

2021 baru nonton wkwkwkwk