30 Jun 2012

CHLOE (2009)


Sulit sebenernya menyebut film besutan Atom Egoyan ini sebagai film thriller, karena lebih banyak muatan drama bernuansa psikologis disini. Adapun sedikit thriller hanya menyempurnakan drama itu sendiri yang memang sudah membaluti film ini seutuhnya. Catherine seorang ginekolog yang sangat sukses dan mapan dalam pekerjaannya. Pada suatu hari ia mendapati foto mesra suaminya David (Liam Neeson) diponselnya, lalu didorong kecurigaan ia pun menyewa jasa seorang pelac*r untuk menggoda suaminya. Cewek tuna susila tersebut bernama Chloe (Amanda seyfried), ia adalah wanita yang sering dilihat Catherine dari balik jendela kamarnya.

Chloe sering terlihat keluar dari hotel. Maka ia pun mulai menemui Chloe dan menyuruh Chloe menggoda David suaminya. Setiap selesai bertemu David, Chloe akan ''ditagih'' cerita oleh Catherine apa-apa yang dilakukan dengan suaminya. Ketika mereka bertemu ,Chloe pun akan bercerita secara gamblang apa-apa yang dilakukannya dengan David . Pergolakan dihati Catherine pun dimulai ketika Chloe bercerita. Di satu pihak ia sangat ga terima dan cemburu , tapi dilain pihak ada juga getaran-getaran dihatinya, suatu rasa ketertarikan untuk mendengarkan cerita-cerita Chloe yang membangkitkan rasa erotisnya .

Seperti ku bilang tadi, bumbu drama di film ini lebih mendominasi ketimbang  thriller yang disajikan, dan di film ini emang lumayan banyak adegan vulgar. Tapi walaupun begitu, nuansa erotik dalam film ini tetep ga norak dikemasnya. Terkesan ga murahan dan ga lebay, sangat pas dan tidak ''mengumbar''. Yang jelas film ini tetep terkesan berkualitas walaupun dibalut dengan unsur seksis disana sini. Makin memukau ketika jajaran cast yang terdiri dari para bintang besar itu semua bermain dengan kualitas akting yang mumpuni. Apalagi dua pemain kawakannya yaitu aki Liam dan Julianne Moore, terutama untuk Julianne Moore yang menurutku lebih mendapatkan porsi banyak. Akting Amanda juga oke banget. Karakternya sebagai cewek yg annoying lumayan ngena.  Duet akting Julianne Moore dan Amanda pun menurutku juga kerenn, chemistrynya dapet banget. Terbukti sepanjang film yang di penuhi adegan mengobrol antara Catherinne dan Amanda mampu tetap menarik untuk diikuti. Ga yakin deh kalo bukan mereka berdua yang memerankan karakter itu apakah masih bisa melek nonton nih pilem hehe

Film ini ga cuma mempesona di jajaran castnya yang berakting gemilang, tapi juga dari jalan cerita yang penuh dengan pergolakan psikologis para pemainnya. Dengan mengangkat konflik yang berkisar tentang krisis rumah tangga  dan juga krisis pergolakan dalam diri Catherinne yang makin lama semakin merasa tidak dianggap oleh suaminya sendiri, bahkan merasa tak pernah mampu menarik perhatian suaminya. Pergolakan-pergolakan jiwa Catherinne menarik, tersampaikan pula dengan akting yang ciamik dan sangat menjiwai.

Atom Egoyan juga sepertinya menitipkan pesan dalam film ini dimana kepercayaan dalam kehidupan suami istri itu penting. Jangan bertindak gegabah dan jangan mempercayai seseorang begitu aja kalo ga mau malah terperosok ke jurang yg sesungguhnya. Begitulah sepertinya pesan-pesan yang bisa ditangkap dari film drama 1 ini. Sangat menarik, mengangkat permasalahan rumah tangga dalam film yang juga dikemas dengan unsur-unsur seksis yang elegan, tidak sekedar nyampah dan dengan pemilihan aktor dan aktris yang juga tepat, di tambah pula dengan sedikit nuansa thriller yang tidak kental tapi cukup memberikan ketegangan. Drama yang sempurna, cukup mengesankan :)

 
 

Tidak ada komentar: