5 Mei 2015

BACKCOUNTRY (2014)



Film survival tentang orang yang berpetualang ke sebuah tempat terpencil memang bukan sesuatu yang baru. Kali ini sebuah kisah nyata tentang pasangan yang menyambangi sebuah hutan yang terisolasi. Adalah Alex (Jeff Roop) dan kekasihnya Jenn (Missy Peregrym) mereka berdua merencanakan untuk berkemah di daerah hutan pedalaman yang bernama Blackfoot Trail. Sebenarnya ada sebuah misi yang akan dilakukan Alex untuk kekasihnya tsb yang akan kita tahu dipertengahan film (gamau spoiler :p).

Perjalanan mereka pada awalnya terasa normal, tak ada suatu halangan yang berarti. Mereka terlihat menikmati petualangan, sampai sore harinya, Jenn bertemu dengan sosok pria misterius yang tiba-tiba saja muncul dan bahkan disambut dengan keramahan olehnya, hingga mereka bertiga memutuskan makan malam bersama. Alex merasa terganggu dengan kehadiran Brad (Eric Balfour), bahkan Alex mencurigai Brad adalah lelaki gila, karena tidak mengetahui asal usulnya secara jelas. Keesokan harinya pasangan tsb mulai masuk lebih jauh ke hutan, tanpa peta, dengan ingatan seadanya dari Alex yang jumawa bahwa ia seakan sudah mengetahui dengan pasti seluk beluk daerah tsb. Dan teror demi teror yang tak terduga pun akhirnya bermunculan

Mungkin karena didasari oleh sebuah kisah nyata, semuanya yang tersaji terasa begitu natural dan realistis. Teror situasi hutan yang sepi dan mengancam dengan kesan sunyinya mampu membuat saya merasa ikut berjalan dibelakang Jenn dan merasa dibuntuti sesuatu. Tanpa backsound yang mendominasi, film thriller Canada ini mampu membuat adegan demi adegan begitu terasa real. Teror binatang buasnya juga tetap mengerikan walaupun hanya berupa beruang, bukan sosok binatang seperti ular atau buaya.

Teror secara psikis, kegentingan, kepanikan semuanya menyatu dengan apik dan disajikan dengan rapi. Membuat saya terkadang miris dengan nasib kedua pasangan yang terlihat saling mencintai tsb. Selain itu nuansa survival nya juga sangat terasa. Saat mereka kekurangan makanan, minuman, dan cara mereka bertahan hidup mampu digambarkan dengan begitu nyata. 

Akting mumpuni yang dilakukan keduanya jelas menunjang keseluruhan film ini. Tanpa akting yang apa adanya dan natural seperti itu, film ini tak akan bisa mengalir sebegitu rapi dan menyenangkan, hanya akan menjadi thriller kacangan. Kekurangannya mungkin film ini tidak mempunyai dasar cerita yang spesial, kecuali basic kisah nyatanya. Beruntung kisah nyata tsb mampu dituangkan dengan baik dan membuat saya setidaknya bersimpati dengan pengalaman mencekam itu. Not bad lah filmnya, pemandangan hutannya juga keren. Happy watching !!