15 Mei 2012

FATAL ATTRACTION (1987)



Terakhir melihat film dengan wanita sebagai villain yang bener-bener mengerikan adalah di film Misery dimana Annie Wilkes benar-benar membuatku terancam hanya dengan menatap seringai nya, dan mendengar tawanya. Ternyata di Fatal Atraction saya kembali bertemu dengan sosok wanita ambisius yang mampu memberikan ancaman sama besarnya dengan sosok Annie Wilkes. Dialah Alex Forrest (Glenn Close)

Diceritakan Dan Gallagher (Michael Douglas) sebenernya adalah sosok family man, seorang bapak yang sangat mencintai keluarganya. Ia mempunyai keluarga kecil yang bahagia bersama sang istri Beth (Anne Archer) dan sang anak tercinta, Ellen. Masalah bermula ketika Dan pada suatu waktu ditinggal sang istri dan anak untuk mengunjungi rumah sang nenek. Ia tiba-tiba bertemu Alex Forrest, sosok wanita yang cukup menggoda  disuatu pesta bisnis. Dan yang sedang dalam kesendirian malam itu didukung pula dengan kesempatan yang ada pada akhirnya tak bisa menghindari godaan itu, cinta satu malam pun terjadi. Dan yang tak bisa menepis godaan dari Alex dengan iseng mengencaninya pada weekend yang berhujan tsb

Tapi ternyata 'keisengan' Dan malam itu berimbas jauh di kehidupan keluarganya yang lambat laun terancam. Alex yang terlanjur terkesan dengan kebersamannya dengan Dan tak mau lepas begitu saja dari Dan. Ia terlanjur jatuh cinta dengan Dan. Alex benar-benar terobsesi dengan sosok Dan, ia tak pernah mau lepas kontak dengan Dan, bahkan saat Dan selalu coba menghindarinya dengan mengganti nomor telponnya pun Alex tetap saja mengejarnya. Dan tentu saja menjadi begitu risih dengan perlakuan Alex yang sudah begitu keterlaluan dan makin lama mencoba mengganggu keluarganya dengan cara melakukan teror demi teror.

Perselingkuhan atas dasar apapun menurutku sudah tidak benar. Disini sosok Dan yang sekilas terlihat 'bersih' dan sepertinya mustahil melakukan itu ternyata juga terjerumus dalam kenikmatan sesaat, cinta satu malam itu tadi. Berlatar hanya untuk iseng-iseng, permainan sesaat yang ia kira bakal berlalu begitu saja itu malah pada akhirnya menjebaknya, memasukkannya kedalam perangkap seorang 'wanita gila' yang terobsesi padanya dan terlihat haus kebahagiaan dan kasih sayang

Dari situ film ini pun sebenernya udah banyak ngasih pesan. Jangan main api deh intinya, jangan menyulut api karena api yang pada awalnya kecil tsb bakalan makin membesar dan pada akhirnya membakar diri kita sendiri. Kalo udah punya keluarga yang bahagia ya ngapain harus iseng berselingkuh, walaupun niatnya cuma ga serius tapi pasangan selingkuhan kita belum tentu menganggap hubungan itu tak berarti apa-apa kan. 

Film ini kurasa berhasil menyajikan potret fenomena perselingkuhan, fenomena cinta 1 malam yang seringkali dialami dalam dunia nyata dengan bumbu horor yang cukup menarik. Sosok wanita ambisius digambarkan dengan cukup real, bahwa ia adalah wanita yang memang terobsesi dan mendambakan hubungan yang tidak hanya sesaat dengan sosok pria yang ia impikan. Dan ketika obsesi untuk mendapatkan Dan seutuhnya tidak tercapai, maka ia pun berubah liar, menjadi sosok yang tak terkendali dan bahkan terlihat psycho.

Sosok Michael Douglas sangat piawai memerankan seorang family man yang begitu galau gara gara dilema. Satu sisi ia sebenernya gak tega mencampakkan Alex begitu saja yang belakangan mengaku hamil hasil hubungan gelap dengannya, tapi disisi lain ia juga harus mempertahankan keharmonisan keluarganya yang tentu saja lebih dicintainya, harus menjaga perasaan istrinya. 

Yang paling keren tentu saja akting dari Glenn Close, sosoknya makin lama makin berkembang dari karakter yang terlihat haus perhatian, kemudian berkembang menjadi seseorang yang memelas, kemudian menyebalkan dan bahkan mengerikan. Intensitas ketegangan di film ini makin lama makin meningkat, seiring dengan cerita yang rapih mengalir sepanjang film. Kekurangan film ini justru karena endingnya yang cukup mudah ditebak, seperti thriller-thriller pada umumnya. Tapi secara keseluruhan untuk ukuran thriller klasik tentu saja film ini menarik dan punya banyak pesan didalamnya.


1 komentar:

Unknown mengatakan...

^_^
Sekalian aj sob tempat donlod pelem biar tambah rame