24 Jan 2012

5 HOROR LOKAL TERSERAM (2006-2010)

Bingung cari film horor lokal yang bener-bener seram dan bermutu? Sebenernya ga semua horor lokal beraliran 'absurd'. Ada juga segelintir horor Indonesia yang memang  berkualitas. Ini nih versiku (periode 2006-2010) list random :

1.KERAMAT (2009) 
 
















 



(Sebuah kamera yang berisi video behind the scene ditemukan pasca gempa jogja di puncak gunung merapi yang kemudian di filmkan). Sebelum gempa jogja sekelompok kru film dari jakarta melakukan proses pembuatan film dijogja. Mereka mengalami beberapa peristiwa mistis di hutan imogiri yang dikeramatkan dan sempat mendapat petunjuk tentang gempa jogja.

Film horor garapan Monty Tiwa ini sangat sukses bikin saya merinding. Keramat bisa membawaku seakan-akan ikut bergelap-gelap, berlari larian di hutan imogiri. Kekuatan film ini ada pada karakter para pemainnya. Jajaran departemen aktingnya bener-bener pas. Mereka bisa membawa penonton dalam percakapan-percakapan dan dialog-dialog yang tanpa backsound itu. Tambah merinding lagi karena film ini mengambil lokasi di Jogja, dengan lokasi hutan Imogiri, dan rumah khas jawa dengan gamelan-gamelan di dalam rumahnya yang menambah unsur mistik. Beberapa adegan sederhana yang diambil dengan kamera behind the scene di film ini entah kenapa bisa bikin saya takut. Takut yang udah lama ga kurasakan. Ditambah lagi saat scene kerasukan dan nembang jawa (lihat saja tatapan Migi Parahita diposternya). Intinya Keramat berani tampil beda dan berkualitas diantara maraknya horor absurd. Walaupun banyak dikatakan meniru Paranormal Activity cara pengambilan gambarnya, meniru REC dll tapi bagiku film ini tetap beda. Hanya saja memang 1 konsep yaitu dengan gaya found footage. Pesan-pesan film ini juga oke, yaitu pesan-pesan tentang menghargai alam dan sepertinya Monty menyisipkan juga nilai-nilai persahabatan di film ini. Kalo pengen nonton horor dengan nuansa jawa yang kental film ini sangat recomended :)

2 .RUMAH DARA/MACABRE (2010)


Rumah Dara bercerita tentang pembantaian yang dilakukan oleh keluarga Dara. Keluarga yang telah hidup ratusan tahun itu membunuh satu demi satu kelompok anak muda yang terjebak dirumah mereka.

Film garapan Mo Brothers ini salah satu horor slasher terbaik yang pernah kutonton. Special effect-nya bener-bener keren. Lalu  para pemainnya juga hampir semua terlihat total dan berkarakter seperti Julie Estelle, Shareefa Danish, Arifin Putra, Sigi Wimala dll. Untuk ukuran horor indonesia kualitas Macabre termasuk diatas rata-rata karena mampu menyajikan tontonan yang mengerikan, sadisss, gilaaaaaaa, tapi juga berkelas. Bahkan Macabre kabarnya juga berhasil go internasional, banyak diikutkan dalam berbagai festival film di beberapa negara. Buat yang phobia sama darah (kalo liat darah  pusing) disarankan untuk tidak melihat film ini karena akan banjir darah dimana-mana. Tapi salut banget ternyata masih ada sineas Indonesia yang bisa menghasilkan karya berani dan elegan seperti ini.Sangat menunggu karya Mo Brothers selanjutnya :)

3. PINTU TERLARANG (2009) 


Fachri Albar meniti karir sebagai seniman (pematung). Banyak orang yang mengagumi karya Gambir karena dianggap memiliki jiwa di dalam patung-patungnya. Memang ternyata ada misteri dibalik pembuatan patung oleh Gambir. Orang yang berperan pada awal mula misteri karya Gambir ini adalah pacarnya, Talyda (Marsha Timothy), yang kemudian menjadi istri Gambir. Kehidupan Gambir penuh konflik. Tidak hanya dalam karirnya, Gambir juga memiliki masalah pada banyak hal. Semua masalah ini memiliki benang merah pada kehidupan masa kecil Gambir yang akhirnya menjadi jawaban dari segalanya.
 
Horor slasher garapan Joko Anwar ini juga termasuk sadis, walaupun gak seintens Rumah Dara kesadisan yang divisualisasikan. Kalaupun lebih sadis dari Rumah Dara mungkin kesadisan Pintu terlarang lebih terasa frontal dan lebih  sakitt. Kesadisan-kesadisan yang disajikan lebih tersorot dan lebih fokus. Kalo dari segi cerita menurutku sedikit ngebingungin dan rumit karena film ini juga merupakan psychological thriller. Apalagi film ini karya Joko Anwar yang notabene filmnya tipe-tipe film yang njlimet, cerdas dan penuh misteri. Twist yang disajikan membuat kita merasa sedikit tertipu sekaligus terkagum-kagum. Yang jelas film ini dikemasnya bener-bener elegan banget. apalagi waktu si Gambir (Fachri Albar) melakukan ''eksekusi'' yang sangat bikin ngilu tersebut. Happy watching 

4. PENCARIAN TERAKHIR (2008)
 

 
















Gancar dan teman-temannya yang sedang mendaki gunung sarangan dikabarkan sudah beberapa hari tidak melapor di pos 1. Sita sang kakak khawatir dan mengajak teman-temannya melakukan pencarian ke gunung Sarangan .Gunung sarangan mempunyai mitos bahwa siapa yang mendaki gunung ini harus mematuhi syarat-syarat tertentu yang sudah turun temurun, namun rupanya Gancar dkk melanggarnya yang membuatnya hilang dan masuk ke ''tabir lain'' di gunung tersebut 

 
Kalau kamu penggemar berat suster ngesot atau suster-suster yang hobi keramas dan hobi creambath jangan mengharapkan bertemu dengan mereka-mereka di film ini karena film ini tidak menyuguhkannya :p. Ini adalah tipikal horor yang lebih menekankan pada misteri ketimbang hantu dan  penampakan. Di film ini tuh, efek-efek suara hutan, suara alam, dan si orang-orang misterius itu sendiri yang bakalan bikin parno. Horor yang 1 ini sangat kental misteri dan petualangan, Apalagi didukung pemandangan hutan yang sangat keren, mencuci mata banget sepanjang film :)

5.  POCONG 2 (2006)



Maya (Revalina) dan Andien (Risty Tagor) adalah kedua kakak beradik yang menempati apartemen baru. Di apartemen itu mereka diteror terus oleh pocong yang membuat Maya dan Adam (Ringgo Agus Rahman) kekasihnya harus  menyelidiki semua yang berkait tentang pocong dan misteri apa yang terjadi di apartemen itu karena ternyata jiwa Andien juga ikut terancam


Kalau ditanya hantu apa yang paling ditakuti, saya akan jawab dengan tegas pocongg !! Entah kenapa hantu berkuncir dan melompat-lompat yang indonesia banget itu bisa membuatku ketakutan. Dan jika ditanya film bertema pocong apa yang paling menyeramkan, saya juga akan menjawab dengan tegas Pocong 2. Kenapa??  Eitsss, Pocong 2 sama sekali bukan horor ecek-ecek yang cuma ''ngejual'' body cewek-cewek. Ini bener-bener film  horor yang fokus dan gak ngasal untuk menakut-nakuti penontonnya dan suksesss !!! Cara film ini dalam menakut-nakuti penontonnya bener-bener total. Rudy Sudjarwo yang berduet dengan Monty Tiwa di film ini sangat sukses dalam  membangun suasana creepy sepanjang film. Naskah yang ditulis Monty sangat kuat dan bener-bener ampuh menakut-nakuti penontonnya, seperti naskah-naskah horor Monty Tiwa lainnya yang selalu kuat dalam membangun atmosphere mistis. Jajaran pemainnya juga bener-bener pas memerankan setiap karakter. Terutama akting Revalina yang sangat meyakinkan. Disempurnakan juga dengan tangan dingin Rudi Sudjarwo  yang mampu memvisualisasikan kengerian dilayar. perfekto !

Tidak ada komentar: