6 Jan 2012

INSIDIOUS (2010)



 


Jujur pertama kali tertarik dengan film ini karena ngeliat dari poster filmnya. Bukan karena gambar sang tokoh utama, tapi karena disitu disebutkan bahwa film ini disutradarai oleh James Wan (Saw) berduet dengan Oren Peli yang juga pernah menggarap Paranormal Activity. Pada awalnya film ini sebenernya diberi judul The Further, ketika lalu kemudian berganti jadi The Astral, sebelum akhirnya Insidious menjadi judul terakhir. Film ini Pertama kali diputar pada Toronto International Film Festival pada 14 September 2010. 

Insidious menceritakan tentang keluarga Josh dan Renai Lambert yang mempunyai 3 orang anak kecil-kecil. Mereka baru saja menempati rumah baru, tapi ternyata dirumah itu mulai terjadi keanehan-keanehan. Mulai dari barang-barang yang berpindah sendiri, Cali, bayi mereka yang tiba-tiba sering menangis, Dan kejadian-kejadian aneh lain. Sampai akhirnya Dalton, salah 1 anak lelaki mereka tiba-tiba jatuh dari tangga dan menjerit histeris di gudang dan kemudian koma. Tapi anehnya sangat misterius sekali apa yang dialami Dalton ini. Bahkan dokter pun angkat tangan dan ga tau apa yang dialami Dalton sesungguhnya. Dalton kemudian dirawat di rumah dan mulai banyak hal-hal misterius dan kejanggalan-kejanggalan lain yang dialami Renai Lambert. Apalagi ia sering sekali ditinggal lembur Josh. sampai akhirnya Renai mendesak Josh untuk pindah rumah lagi. Tapi ternyata pindah rumah pun tidak juga menyelesaikan masalah. kenapa? tonton sendiri deh lanjutannya :)

Ternyata  film ini ingin menonjolkan tema projection astral yang dialami Dalton. Projection astral seperti kita ketahui adalah keluarnya jiwa seseorang dari raga dan mengembara jauh ke dimensi lain. Sebagai film bertema haunted house film ini termasuk mengerikan buatku. Mungkin karena sudah cukup lama tidak menonton film-film bertema rumah berhantu yang bener-bener bikin parno. Film haunted house paling mengesankan tentu saja film nya Nicole Kidman The Others.dan juga film yang dibintangi Bruce Wilis The Sixth Sense yang keduanya mempunyai twist serupa. Insidious pada alhirnya mampu hadir sebagai horor supranatural yang cerdas, dengan memunculkan hantu-hantu yang walaupun agak sering 'nampang' tapi hantu-hantu tersebut tetep aja bikin kita scarry, karena kedatangan si hantu sendiri yang kadang agak konyol tapi ngagetin abiss. Juga tak ketinggalan ekspresi-ekspresi hantu lainnya terutama hantu-hantu gothic yang menyeramkan itu.  

Kualitas akting para cast-nya sih biasa-biasa aja  tapi karena nuansa old school nya kental, film ini tetep aja bikin merinding. Di dukung dengan scoring-nya ngagetin abis dan kadang bikin kuping pengang itu. Overall insidious adalah horor yang tidak mungkin dilewatkan karena sangat menyeramkan dan yang pastinya mengusung tema yang fresh yaitu tentang supranatural, khususnya projection astral. Dari dulu sangat penasaran dengan fenomena 1 ini dan ketika film ini ternyata menyuguhkannya tentu saja sangat mengesankan sekali. Apalagi di kemas dalam old school horor yang bener-bener creepy. 

 

Tidak ada komentar: