17 Sep 2013

LIFE OF PI (2012)



Life of Pi mengisahkan tentang seorang pemuda asal India yang memiliki nama cukup aneh yaitu Piscine Molitor Patel atau akrab disapa Pi Patel. Pi merupakan pemuda yang lugu namun memiliki perasaan ingin tahu yang sangat besar. Ia selalu mencoba sesuatu yang dianggapnya benar mulai dari pandangannya terhadap agama, ilmu pengetahuan dan kehidupan.

Suatu ketika, saat keluarga Pi  mengalami kesulitan ekonomi karena kebun binatang yang mereka kelola tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, seluruh anggota keluarga Pi akhirnya memutuskan untuk pindah ke Kanada dengan menggunakan jalur laut. Namun perjalanan tersebut tidaklah semudah yang ia bayangkan lantaran perahu yang mereka tumpangi di hadang badai besar dan hanya Pi yang selamat dari musibah tersebut. Dari sanalah ia harus berjuang seorang diri untuk bisa selamat di tengah lautan luas bersama Orang Utan, Zebra, Hyena, dan Harimau benggala bernama Richard Parker


Film ini merupakan adaptasi novel karya Yann Martel yang banyak menuai anggapan skeptis bahwa mustahil novel tersebut bisa diangkat ke sebuah film. Banyak beberapa nama sutradara digadang-gadang menyutradarainya sampai akhrnya kursi sutradara itu pun diambil Ang Lee dan ia membuktikan bahwa ia mampu dengan baik menuangkan Life of Pi kedalam sebuah film. Bahkan berkat film ini ia memboyong beberapa penghargaan di Oscar 2013 lalu.  


Film ini membuktikan bahwa keajaiban itu memang selalu ada dan itulah yang dialami oleh Pi. Bagaimana bisa ketika kapal yang membawa keluarganya diterjang badai besar hanya ia sendiri yang akhirnya selamat dan pada akhirnya harus berjuang di sebuah sekoci kecil bersama hewan-hewan buas. Film yang sangat menarik buatku yang notabene memang penggemar film survival. Mengingatkan dengan Cast Away nya Tom Hanks. Tapi kali ini ceritanya lebih kompleks lagi. Pi harus berjuang dan survive ditengah-tengah samudera dan juga harus bertahan dari serangan hewan-hewan buas yang sangat mengancam jiwanya.

Secara tampilan, film ini sangat mampu memvisualisasikan cerita kedalam sebuah sinematografi cantik. Walaupun belum pernah membaca novel aslinya, tapi dari cara Ang Lee menuangkan cerita dalam film ini terasa sangat indah. Sutradara asal taiwan itu sangat lihai dalam memvisualisasikan kehidupan Pi di tengah laut  melalui gambaran suasana laut yang indah nan eksotik. Dikemas pula dengan efek 3D yang sangat memanjakan mata. Juga petualangan liar Pi ditengah samudera bersama harimau benggala itu juga terasa sangat nyata dan mendebarkan. Suka banget deh sama harimau benggalanya, pengen banget melihara :3  kelihatan menggemaskan banget. Apalagi pas udah mulai jinak. Agak sedikit mengharukan juga saat melihat persahabatan Pi dan sang harimau. Akting Suraj Sharma (Pi Patel) bisa dibilang sangat total dan gemilang meski masih baru didunia perfilm-an.

Ang lee tidak hanya mampu menampilkan film dengan sinematografi dan lanskap-lanskap indah, tapi juga mampu menyisipkan pesan-pesan moralnya secara mendalam. Perihal hubungan manusia dengan tuhannya, bahwa semua agama itu baik, tentang perjuangan dan kepasrahan terhadap tuhan, tentang cara tuhan menunjukkan kekuasaanNya. Semua itu mampu tersampaikan dengan baik di film ini. Recomended buat pecinta film-film survival dan petualangan liar. Juga bagi kamu yang tidak hanya ingin mencari ketegangan, keindahan dalam film tapi juga pesan-pesan kehidupan. Happy Watching :)


Tidak ada komentar: