11 Feb 2012

VERTIGE /HIGH LANE (2009)


 

Vertige adalah horor thriller yang ikut di ajang festifal film prancis tahun 2010. Diceritakan Fred, Karine, Chloe, Loic, dan Guillaume akan melakukan sebuah pendakian. Ketika sampai dijalur masuk pendakian sebenernya udah ada sebuah tanda kalau jalur itu terlarang untuk dilewati, Tapi salah satu dari mereka, (Fred) ngeyel dan meyakinkan untuk tetep masuk. Akhirnya mereka berlima masuk dan mulai speechles karena pemandangannya bener-bener amazing. Mereka mulai mengalami kejadian-kejadian mengerikan setelah nekat masuk ke jalur itu. Seorang psikopat telah menunggu disana.  

Sebuah premis yang bisa dibilang klise untuk ukuran film thriller. Petualangan nekat ke suatu tempat, lalu psikopat adalah unsur-unsur yang sering banget dijadikan tema film-film thriller. Vertige juga mengangkat tema serupa namun untungnya film ini gak bertele-tele. Alurnya cenderung cepat jadi ketegangan-ketegangan itu masih mendominasi dan masih bisa dirasakan.  Setelah 1 step masuk ke jalur pendakian ,kita akan langsung disuguhi tebing-tebing dengan pemandangan yang indah. Aura thriller langsung merambat disekujur tubuh saat adegan robohnya sebuah jembatan gantung, Menyusul adegan Loic yang mempunyai vertigo harus gantung-gantungan berspekulasi dengan maut. Tapi kurasa setelah itu semuanya terasa biasa aja. Thrillernya terasa menurun walaupun tensinya masih terus naik.

Kelebihan film ini selain pemandangannya yang super keren hanyalah saat scene gantung-gantungan, karena selebihnya klise banget. ketemu psikopat dan bla bla bla kamu bisa nebak sendiri lah (yang udah sering menyantap film-film thriller). Walaupun kabarnya film ini based on a true story tapi mungkin akan lebih bagus lagi kalau ceritanya lebih dikembangin sehingga gak terkesan klise. Film ini tidak menyajikan hal yang bener-bener fresh menurutku. Dari jalan ceritanya juga sangat biasa.

Kesadisan yang disuguhkan saat menghadapi sang psikopat juga bisa dibilang standar seperti film-film thriller pada umumnya.  Hanya saja sekali lagi untungnya tensi film ini terus naik dan naik sehingga terasa tetap seru untuk diikuti. Apalagi efek-efek gore-nya lumayan dapet. Sebagai film thriller adventure menurutku Vertige  masih kurang menggigit. Banyak scene-scene yang harusnya lebih  mengeksplorasi alam dan tebing-tebing yang indah tersebut. Harusnya juga lebih banyak scene yang memfokuskan gangguan vertigo itu dengan pendakian yang lebih memacu adrenalin :)


Tidak ada komentar: