4 Feb 2012

BURIED (2010)



Film dengan TKP sempit ! Entah kenapa begitu suka dengan film-film jenis ini. Seperti ada seni tersendiri saat menontonnya. Senang dan puas aja kalau akhirnya sang tokoh bisa lepas dari jerat permasalahannya. Seperti film yang akan ku review ini ''Buried'' dari judulnya aja udah terasa sangat menyesakkan. Atmosphere sempit udah terasa bahkan saat pertama denger judulnya. Film ini diperankan oleh Ryan Reynolds sebagai Paul Conroy, seorang supir truk yang saat konvoi mengalami penyandraan. Gw kasih 4 jempol dah buat aktingnya dia di film ini. Ryan Reynolds mampu mengeksekusi semua adegan porsi besarnya dengan sangat total. Kenapa porsi besar? Soalnya Paul adalah satu-satunya tokoh yang ada dalam film ini selain beberapa pendukung lain yang hanya bisa dinikmati dari suara telepon.
 
Paul bisa menempatkan emosinya dengan baik dan menularkan sisi-sisi keterbatasannya pada kita. Kita diajak berekreasi kedalam arena psikologis seorang Paul Conroy, meninggalkan dan melupakan posisi kita sebagai penonton dan kemudian terhipnotis, ikut terkubur dalam tekanan bersamanya. Yah Ryan Reynolds berhasil. Ia sangat sukses membuatku mendadak ikut claustrophobia. Suara napas yang tersengal-sengal, teriakan, bahkan tangisan Paul, saat tiba-tiba  berada disebuah peti mati tanpa tau apa dan kenapa. Keterbatasan, kepengapan, ketakutan-ketakutan Paul seakan ikut mengaliri tubuhku, seakan-akan ikut tertimbun dalam tekanan-tekanan  itu, seakan-akan  ikut frustasi, ikut sesak napas dan ikut depresi. 

Sepertinya Ryan Reynolds betul-betul mempelajari bagaimana psikologis dan emosi seseorang yang sedang terkungkung. Tapi beruntung disana ia dibekali dengan beberapa benda oleh si penyandera. Sebuah handphone, zippo (pemantik api) dan sebuah pisau dan beberapa lainnya telah disediakan di peti sempit itu. Sepertinya telah menjadi 1 paket di peti tersebut bersama dengan kepengapan itu. Entah paket apa namanya. Mungkin paket terburuk yang pernah Paul terima seumur hidup. Coba bayangkan kalo kita tiba-tiba berada didalam sebuah peti tertutup, terkubur entah dimana, dan hanya bersama benda-benda kecil tersebut. Mimpi buruk .Ya ini adalah mimpi buruk seorang Paul Conroy. 

Film ini bener-bener komplit dalam menyetir emosi penontonnya. Tidak hanya aroma thriller yang terasa di sepanjang durasi. Film ini juga menghadirkan suasana keharuan di beberapa scenenya. Ryan Reynolds bener-bener total bermain. Ia bisa memperlihatkan emosi-emosi yang tepat, bahkan saat harus berbicara kepada FBI ditelpon, kekacauan jiwanya terlihat dari caranya berbicara yang terburu-buru, terengah-engah, memaki, seakan-akan ia memang sedang dalam tekanan yang tanpa seorangpun mengerti, dan tanpa seorangpun bisa menolong. Ryan reynolds bener-bener berhasil memerankan karakter one man show dengan baik.
  
Hebatnya sepanjang durasi gak ada perasaan bosan padahal sepanjang film hanya diperlihatkan Ryan didalam peti mati, semakin lama malah semakin penasaran. Dan gw angkat jempol lagi dah buat script writernya dan juga tangan dingin Rodrigo Cortez sebagai sutradara, bener-bener jeniusss. Berani membuat film dengan budget super murah tapi mampu menghasilkan tontonan yang sangat menarik. Gw udah sering nonton film-film tkp sempit, tapi Buried membuatku makin jatuh cinta dengan film-film jenis ini. Sangat menantikan film dengan setting yang lebih ekstrim lagi dan yang pasti lebih menegangkan.




1 komentar:

Anonim mengatakan...

Masukin list daftar nonton ah.
Thanks sharingnya ya.