23 Des 2011

VACANCY 2: THE FIRST CUT (2009)




Setelah  menonton vacancy yang tahun 2007, akhirnya penasaran juga untuk nonton vacancy 2 (walaupun ni film emang cuma straight to dvd  alias ga mejeng di bioskop). Ku pikir pertamanya Vacancy 2 ini adalah sekuel dari Vacancy yang pertama tapi ternyata film ini justru adalah prekuel dari Vacancy 1. Karena merupakan prekuel, peristiwa yang diceritakan di film ini lebih menceritakan awal mula  pengelola motel (yang kala itu bernama motel Meadowview) yakni Gordon dan Reece yang awalnya ternyata hanyalah berbisnis dengan merekam video porno tamu-tamu yang datang.

Sampai akhirnya bertemulah mereka dengan Smith seorang pembunuh maniak, yang akhirnya mengajak berbisnis ''sesuatu yang lebih mengerikan'' seperti yang pada akhirnya kita lihat saat di vacancy 1. Nah yang di ceritakan di Vacancy 2 ini peristiwanya tentang 3 orang bernama Caleb, Tanner, dan Jessica yang  menginap di motel Meadowview dan sialnya mereka adalah  sasaran pertama bisnis yang baru saja di buat itu.

Menonton film ini sudah gak semisterius saat menonton vacancy 1 karena  udah ngerti latar belakang dibalik layar si pengelola motel. Maka sutradara secara blak-blakan udah gak ragu lagi mendudukkan penonton dalam sudut pandang pemilik motel aka penjahatnya. Kita dikasi tahu terang-terangan motiv-motiv apa, rencana-rencana sang penjahat. Ga kayak di vacancy 1 dimana kita masih dibiarkan ketakutan bersama beckinsale dan Luke wilson. Kelebihan Vacancy 2 adalah tensi ketegangannya lebih tinggi (secara lebih banyak adegan kejar-kejaran), terus adegan-adegan slasher-nya lebih banyak. Para pemain juga bermain dengan lumayan meyakinkan .

Kekurangannya, secara film ini merupakan prekuel , jadi ada beberapa hal dan ketegangan yang udah ga berasa tegang lagi karena udah pernah dimunculkan di vacancy 1. Ruang gerak di vacancy 2 gak lagi sesempit vacancy 1 karena ada banyak setting adegan di luar motel dan pemainnya pun juga lebih banyak , jadi bagiku sih auranya lebih misterius saat nonton vacancy 1 karena feel  takutnya nya juga masih dapet . Tapi secara keseluruhan vacancy 2 tetep  menegangkan.


Tidak ada komentar: