11 Des 2011

THE HOLE (2009)



Yaa, sesuai dengan judulnya, The Hole. Film horor fantasi1 ini bercerita tentang sebuah keluarga yang terdiri dari seorang ibu dan kedua anak mereka yaitu Dane dan Lucas yang untuk ke sekian kalinya harus pindah rumah. Ketika bermain-main dengan sang kakak disekitar rumah, Lucas tiba-tiba menemukan sebuah lubang berbentuk kotak yang digembok-gembok di basement rumah tsb. Didorong rasa penasaran, mereka mencoba membuka dan mengetahui seberapa dalam lubang misterius itu dengan berbagai cara. Tapi ga disangka setelah kejadian membuka lubang tersebut mereka  bertiga termasuk Jullie ,tetangga baru mereka mulai di teror kejadian-kejadian mengerikan. 

Pada scene-scene awal film ini emang cukup mampu membawa penonton dalam tingkat kemisteriusan, tapi semua itu tiba-tiba saja lenyap saat misteri itu sedikit terkuak. Apalagi saat sosok-sosok creepy itu mulai sering nampak. Mungkin ini emang film horor fantasi yang gak menonjolkan sisi kemisteriusan. Tapi tetep aja berasa kurang greget terutama ketika mereka mulai menyelidiki lebih jauh tentang sosok-sosok creepy tersebut, ya walaupun misteri emang belum sepenuhnya  terungkap  .

Tapi mungkin emang selera hororku aja ya yang sedikit kamso hehe.karena pertamanya gw mengharapkan The Hole akan menjadi santapan penuh misteri dari awal film sampai akhir yang akan tetap membawa kita dalam  tingkat kemencekaman yang tinggi.Tapi kenyataannya  ya memang ini adalah horor fantasi yang lebih di tujukan untuk hiburan remaja. Sosok-sosok misterius yang ku harap ga akan banyak nampang malah udah wira wiri dimenit-menit awal. Tapi ku akui, sosok-sosok tersebut emang berasa creepy banget, apalagi dibeberapa adegan berasa kayak nonton hantunya ju-on digabung sama penampakan-penampakan di film sixth sense deh xixi
 
Tapi suatu film disamping punya kekurangan pasti juga punya kelebihan. Nah selain sosok hantunya yang lumayan creepy, film ini ternyata juga mempunyai suatu misi, misi apakah itu?  Hal-hal berbau fantasi di akhir film yang ga masuk akal tersebut ternyata emang salah satu cara  Dante untuk menyiratkan pesan-pesan psikologis. Bahwasanya ketakutan-ketakutan itu sebenarnya hanya bagian dari  mindset yang kita bangun aja. Jadi tergantung bagaimana cara pikir kita. Ketika kita bisa mengontrol ketakutan, maka ketakutan akan hilang dengan sendirinya,  begitupun sebaliknya. Jadi, ya sangat sesuai dgn genre-nya. Film ini adalah memang horor fantasi, dan itulah cara genius Joe Dante dalam membungkus pesan-pesan psikologisnya. Happy watching :))

Tidak ada komentar: